Segala Jenis Ikan

Informasi Segala Jenis ikan

PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN

PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN - Hallo sahabat Segala Jenis Ikan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN
link : PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN

Baca juga


PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN


A.       Dasar-Dasar Pemilihan Media Penyuluhan Perikanan
Sebelum menggunakan media penyuluhan perikanan, maka terlebih dahulu perlu dilakukan pemilihan media yang sesuai dengan keadaan sasaran hal ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses belajar dalam mencapai tujuan penyuluhan perikanan, Adapun pertimbangan penetapan pemilihan berdasarkan pada:
  1. Perlunya penilaian terlebih dahulu terhadap media penyuluhan perikanan yang ada sesuai kebutuhan sasaran terhadap teknologi perikanan.
  2. Tidak semua media penyuluhan yang diperlukan selalu tersedia atau mudah disediakan oleh penyuluh pada disetiap tempat.
  3. Media penyuluhan yang mahal, tidak selalu merupakan jaminan untuk berhasil mencapai tujuan yakni perubahan perilaku sasaran.
  4. Untuk tujuan perubahan perilaku tertentu dan digunakan dengan tingkat efektivitas yang berbeda-beda.
  5. Harus ada kesesuaian antara media penyuluhan yang dipilih dengan metode penyuluhan yang digunakan.

B.        Prosedur Pemilihan Media penyuluhan Perikanan.
Prosedur pemilihan media penyuluhan perikanan adalah sebagai berikut:
1.      Menetapkan pesan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.
2.      Merumuskan tujuan yang hendak dicapai yaitu perubahan perilaku pelaku utama (aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap).
3.      Melakukan pemilihan terhadap media penyuluhan yang tersedia, sesuai potensi lingkungan pelaku utama yang dapat dimanfaatkan sebagai media penyuluhan dan penilaian terhadap tahap adopsi sasaran
4.      Memperhitungkan biaya yang diperlukan untuk persiapan pembuatan atau pengadan media penyuluhan.
5.      Menetapkan media penyuluhan sesuai dengan metode penyuluhan yang telah ditetapkan.
6.      Melakukan evaluasi pemilihan dan penggunaan media penyuluhan
Evaluasi penting dilakukan untuk mengukur efektivitas media penyuluhan perikanan yang telah dipilih dan digunakan, serta manfaat terhadap pemilihan bahan perbaikan, dapat dirasakan dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan media penyuluhan perikanan pada periode berikutnya secara berkesinambungan.
Beberapa alternatif pemilihan media penyuluhan perikanan dihubungkan dengan aspek perilaku, seperti pada Tabel 1.

Tabel 1. Alternatif Pemilihan Media Penyuluhan Sesuai Dengan Aspek
   Perilaku Sasaran
Klasifikasi Media penyuluhan
Aspek Perilaku Sasaran
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan

-   Benda Sesungguhnya

Percontohan
-  Maket
-  Spesimen
-  Sample/moster


Percontohan
-  Spesimen
-  Model
-  Sample/moster

Percontohan
-  Model

- Media penyuluhan Tercetak

-  Poster
-  Leaflet
-  Foto
-  Peta Singkap


-  Brosur
-  Folder
-  Leaflet
-  Peta Singkap

-  Peta Singkap
-  Folder
-  Leaflet


-Media penyuluhan Terproyeksi

-  Video TV
-  Film


-  Transparansi
-  Film Slide
-  Video TV


-  Film slide
-  Video
-  TV

-Media penyuluhan Terekam

-  Rekaman kaset
-  Radio


-  Rekaman kaset
-  Radio

-
Penggunaan media penyuluhan yang dapat digunakan berdasarkan pada jumlah sasaran dapat dilihat pada tabel 2.

Tabel 2. Penggunaan Jenis Media penyuluhan Berdasarkan Kelompok
   Sasaran
No.
Jenis Media Penyuluhan
Sasaran
Massal
Kelompok
Individu
1.
Poster
-
-
2.
Film Layar Lebar
-
-
3.
Film Video
-
-
4.
Folder/Leaflet
-
5.
Brosur, Komik
-
6.
Peta Singkap/Flipchart
-
-
7.
Kartu Kilat/Flaschard
-
-
8.
Papan Flanel
-
-
9.
Siaran Pedesaan (TV, Radio)
-
-
10.
Kaset Rekaman
-
11.
Slide
-
-
12.
Photo
-
13.
Transparansi
-
-
14.
Model
-
-
15.
Papan Tulis
-
-
16.
Telephone
-
-
           
Prinsip dasar pemilihan media penyuluhan yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media penyuluhan, antara lain:
1      Tujuan yang ingin dicapai
2      Karakteristik sasaran/peserta didik,
3      Strategi komunikasi,
4      Isi pesan,
5      materi yang disajikan,
6      keadaan/kebutuhan sasaran,
7      Karakteristik wilayah
8      situasi tempat pembelajaran.
9      Biaya. 

Sumber:
Rivai S dan Fitriyanti D.N, 2010. Modul Media Penyuluhan Perikanan. Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Demikianlah Artikel PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN

Sekianlah artikel PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN dengan alamat link https://segala-jenis-ikan.blogspot.com/2014/04/pemilihan-media-penyuluhan-perikanan.html


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PEMILIHAN MEDIA PENYULUHAN PERIKANAN"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top